Tahap Pertumbuhan Payudara Remaja Putri

Friday, June 3rd 2011. | seks

Tanda awal dimulainya masa pubertas adalah dengan membesarnya payudara pada remaja putri. Tapi tidak jarang remaja merasa khawatir ada yang salah dengan perkembangan payudaranya.

Awal pubertas pada anak perempuan secara umum terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun. dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam artikel detikHealth menjelaskan bahwa tanda awal pubertas pada anak perempuan adalah perubahan pada payudara.

“Payudara akan terlihat mulai membesar, seperti bukit kecil dengan puting susu (areola) melebar. Kemudian diikuti dengan pertumbuhan rambut pubis, bau badan, jerawat, percepatan tinggi dan berat badan,” jelas dr Aditya yang merupakan spesialis anak di RSAB Harapan Kita.

Saat terjadi perubahan pada payudara, seringkali remaja putri ingin mengetahui banyak hal tentang organ sensitifnya. Mengetahui tahap-tahap perkembangan payudara pada remaja putri bisa membantu membuat pikiran tenang selama masa transisinya.

Berikut beberapa tahap perkembangannya payudara pada remaja putri, seperti dilansir Livestrong, Selasa (3/5/2011):

1. Tahap pertama: anak
Anak perempuan dianggap sebagai tahap pertama perkembangan payudara dari lahir sampai pubertas. Payudara pada anak-anak benar-benar datar. Puting susu adalah satu-satunya bagian yang menonjol keluar dari dada.

2. Tahap kedua: payudara mulai menonjol
Kuncup tumbuh di bawah puting payudara dan kadang-kadang bisa terasa seperti benjolan. Kuncup ini membuat puting lebih menonjol dan membuat dada lebih berbentuk.

Puting susu juga bisa menjadi sedikit sakit. “Penonjolan payudara adalah tanda pertama pubertas untuk anak perempuan,” jelas penulis dan pendidik seksualitas Debra Haffner, MPH.

Tahap ini dapat dimulai sejak usia 7 hingga akhir usia 14 tahun, tapi ada pula remaja memulai tahap perkembangan payudara saat berusia antara 8,5 hingga 11 tahun. Fase ini biasanya berlangsung 2-18 bulan.

3. Tahap ketiga: pertumbuhan payudara
Payudara sendiri mulai membengkak dan tumbuh selama tahap Tiga. Lingkaran yang lebih gelap dari kulit sekitar puting yang disebut disebut areola, semakin besar dan puting mungkin akan lebih besar juga. Fase ini biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 24 bulan.

4. Tahap keempat: puting mulai ‘membukit’
Puting dan areola menjadi lebih besar pada tahap empat. Kathy McCoy, Ph.D. dan Charles Wibbelsman, MD menjelaskan bahwa selama tahap ini, puting dan areola dapat terlihat seperti massa yang berbeda atau gundukan di atas payudara. Panjang tahap keempat berkisar dari sekitar 8 sampai 24 bulan.

5. Tahap kelima: dewasa
Dewasa adalah fase terakhir untuk perkembangan payudara. Puting dan areola menjadi reintegrasi menjadi bentuk dasar payudara dan payudara tumbuh ke ukuran dewasa, yang bervariasi antara wanita.

Dalam kisaran normal, anak perempuan biasanya menyelesaikan tahap ini pada usia 16 tahun, tetapi beberapa anak perempuan tidak menyelesaikannya sampai usia yang lebih tua.

sumber: detik.com

keyword yang masuk:

    Masa pertumbuhan payudara, siklus pertumbuhan payudara, fase pertumbuhan payudara, tahap pertumbuhan payudara, Pertumbuhan remaja putri, masa pertumbuhan remaja, tahap pertumbuhan remaja, siklus susu remaja, fase pertumbuhan remaja, Sklus pertumbuhan payudara, siklus perkembangan payudara sesuai umur, siklus pertumbuhan besarnya payudara, siklus pertumbuhan payudara wanita, tahap tahap cipokan, tahap tahap berciuman, siklus pertumbuhan payudarah, siklus pertumbuhan puting payudara, Tahap - tahap berciuman, siklus umur pertumbuhan payudara, cara mengetahui pertumbuhan payudara
tags: